Sabtu, 09 Maret 2013

Tips Melukis dengan Cat Minyak


           Cat minyak adalah sejenis cat yang medium (pengencer)nya menggunakan minyak alias oil based. Keutamaan dari cat minyak dibanding medium lainnya adalah sifatnya yang sangat fleksibel. Kita bisa membuat lukisan yang sangat halus maupun sangat kasar dan bertekstur. Tidak heran, cat minyak jadi salah satu medium yang paling sering digunakan oleh para seniman di seluruh dunia sejak dulu (ratusan tahun lalu) hingga sekarang. Kita bisa memilih untuk membeli cat satu set ataupun terpisah. Pada dasarnya, kita cuma butuh warna dasar merah, biru, kuning(terang), hitam, dan putih untuk mendapatkan nyaris semua warna yang ada di dunia. Jadi saya lebih menyarankan untuk beli cat satuan.
Ada berbagai merk cat minyak yang dijual di Indonesia, mulai dari yang bisa dibeli dengan uang jajan sampai yang perlu jual motor buat ngebelinya. Cat yang bagus ciri-cirinya adalah mudah dicampur, enak dioleskan ke kanvas, warnanya kuat, dan tahan lama. Beberapa merk cat minyak yang dijual di Indonesia antara lain:
  1. MARIE’S
    Cat merk ini kualitasnya jelek, tapi silahkan saja kalau mau nyoba. Ini merk yang paling murah, jadi mungkin ideal untuk pemula tapi mungkin malah bikin stress
    http://imgs.inkfrog.com/pix/ubuy8877/22001136-ALL100.jpg
  2. REEVE’
    Sedikit lebih bagus, tapi masih di level ‘mainan’. Agak susah nyampur dan flownya rendah alias cepat habis begitu dikuasin ke kanvas. Warnanya juga cenderung kurang tebal. Tapi bolehlah untuk pemula. Harganya sekitar 70ribuan satu set.
  3. TALENS

    Kita bisa beli yang tube 200ml jika kita perlu banyak. Harganya 50ribuan. 5 warna: merah, biru, kuning, hitam, putih. Ada juga yang ukuran kecil harganya 15 ribu/tube. Isinya sekitar sepertiganya.
  4.  Winsor & Newton
    Cat ini enak banget. Nyampurnya gampang, tidak cepat kering, dan flow-nya bagus. Pigmen warnanya juga kuat jadi bisa menghasilkan warna yang bagus. Harganya 115ribu/tube.

    p.s: winton pada gambar di atas adalah cat minyak yang student grade alias kualitas rendah yang diperuntukkan untuk pelajar. buat yang seniman beneran lain lagi…
Kanvas

      Sebaiknya memesan kanvas ke tukang kanvas. Biasanya kanvasnya lebih bagus daripada yang dijual di toko dengan harga yang sama. Kanvas yang asik buat cat minyak itu kanvas yang permukaannya halus, tapi tergantung selera, ada juga yang sukanya yang kasar. kanvas yang kasar memang biasanya relatif lebih murah.
Kuas
Kuas buat cat minyak berbeda dengan cat acrylic atau cat air. Kuas cat minyak lebih tebal dan biasanya bulunya kasar, karena cat minyak berat. Belilah kuas dengan berbagai ukuran, dari yang kecil sampai yang besar. Kalau lukisannya kecil, kuas ukuran 2, 4, 8 dan 12 sudah cukup. Tapi kalo mau ngelukis pukuran besar, cari aja yang 2 inchi keatas biar cepat selesai.
ada berbagai jenis bentuk kuas, tapi pada dasaranya kuas berbentuk kotak sudah cukup. Berikut beberapa merk kuas yang dijual di Indonesia:
  1. ETERNA
    kuas paling murah diantara kuas yang lain.
  2. BALI ARTIST
    bulu kuasnya lebih halus ketimbang eterna. disarankan membeli ukuran besar untuk melukis background.
  3. KANGRUI
    Kuas yang lumayan bagus dengan harga yang lumayan mahal juga. Tapi sangat worth it kalau pengen ngejar sapuan yang halus dan detail.
  4. Winsor & Newton
    Tidak disarankan membeli kuas merk ini kecuali orang kaya.

Pisau palet
       Pisau palet berguna untuk mencampur cat dengan cat lain dan medium (linseed oil). Bisa juga digunakan untuk melukis. Saya suka make pisau palet buat ngelukis karena saya senang membuat tekstur.
http://www.tokofree.com/images/product/mm759_f5c39b37b34fc9d49c3e49aae.jpg
sebagai permulaan belilah pisau palet dengan ukuran paling kecil, biar pas nyampur catnya gak kemana-mana.
Palet
      Palet gak harus beli. Pakai saja piring bekas atau kaca. Atau pake piring kertas yang biasa dipake buat pesta.
Painting medium alias pengencer
       Pengencer digunakan untuk mengencerkan cat, meningkatkan flow, dan transparansi. Kira-kira fungsinya seperti air kalau kita menggunakan cat acrylic atau cat air. Setiap medium punya sifatnya masing-masing. Ada yang keringnya lama, ada yang cepat. Ada yang meningkatkan transparansi, ada yang tidak. Ada yang cenderung menguning ada juga yang tidak. Diantaranya: 
Artist Painting Medium
         Ini adalah minyak pengencer yang siap pakai tanpa dicampur apapun. Biasanya butuh 2-3 hari untuk kering. Kalau mau murah, beli yang merk Reeve’s atau Marie’s dengan risiko warna yang jadi kekuningan dan berubah jadi pucat/kusam setelah kering. Kalau mau yang lebih bagus, beli yang Talens atau Winsor & Newton(my choice!), dengan harga, uh… 3 kali lipatnya.  
Linseed Oil
     Bisa dicampur dengan terpentin, untuk mempercepat proses pengeringan. Kurang lebih fungsinya sama dengan artist painting medium.
Liquin Berbentuk gel, dan sangat enak digunakan. Tidak menguning dan relatif    cepat kering dibanding linseed oil dan painting medium. Meningkatkan flow dan transparansi. my favourite!  
Turpentine/Terpentin Bentuknya encer kayak minyak tanah. Biasanya gak langsung dipake buat ngencerin cat, tapi dicampur sama linseed oil dengan perbandingan 1:1 atau 1:2. Semakin banyak terpentinnya, semakin cepat keringnya karena terpentin mudah menguap (kayak thinner).
Easel
bisa digantikan dengan cara kanvas disenderin di dinding atau apapun.

Thinner

         digunakan untuk mencuci kuas. Belilah yang botolan, karena yang kaleng cenderung cepat menguap, masuk ke paru-paru,(demi kesehatan belilah yang botolan) :D

Lap
Siapkan lap buat ngelap kuas atau apapun yang kotor.
Kertas koran
Berguna untuk mencuci kuas.
Pensil dan penghapus.
    Berguna untuk membuat sketsa (sket) di atas kanvas. Pastikan sketsanya tipis, misalnya dengan pake pensil HB.

 Sudah semua? Mari kita mulai melukis!

 Sketsa

    Buat sketsa yang tipis di atas kanvas. Tapi kalo males juga ga masalah sih. Mau pake foto? Objek langsung? ato apa aja, monggo!!
 Mencampur cat
      Oleskan cat di kanvas seperti pasta gigi atau dengan pisau palet. Tuangkan pengencer sedikit saja. Paling cuma perlu beberapa tetes. Bisa dengan bantuan pisau palet. Campuran yang bisa dibilang ideal adalah campuran yang masih berbentuk gel karena campuran yang terlalu encer akan bikin lukisan jadi transparan.
seperti ini:
Sedikit tentang teori warna
       Gunakan skema warna dasar RYB alias Red-Yellow-Blue, yakni asumsi bahwa warna dasar adalah merah, kuning, dan biru, dan semua warna bisa didapatkan dari mencampur ketiga warna itu. Ini teori klasik yang diajarkan dari dulu sampai sekarang. Sebenarnya, warna dasar yang ditemukan Newton itu Merah, Hijau, dan Biru (RGB), dan yang dipakai di cetak digital itu Cyan, Magenta, Kuning, dan Hitam (CMYK). Tapi teori skema warna RYB lebih umum digunakan untuk melukis.
ini yang namanya color wheel:
Secara teori, warna yang harmonis adalah warna analogus (warna yang bersisiaan/bersebelahan dalam color wheel, dan warna komplementer (warna yang berlawanan dalam color wheel. contoh perpaduan warna yang harmonis:
warna komplementer
warna analogus
Layer demi layer
       Sebenarnya ini tergantung peluksinya mau gimana, tapi biasanya para pelukis setuju bahwa lukisan yang bagus dibuat layer demi layer alias lapis demi lapis. Pastikan lapisan di bawahnya sudah kering sebelum mengoleskan cat lagi di atasnya. Males bikin layer demi layer? Tenang, gak ada aturan baku dalam seni.cukup gunakan 1 layer juga tidak apa.
Shading dan lighting
       Ada dua cara membuat shading dan lighting, yaitu dengan mencampurkan warna hitam(untuk shading) atau putih(untuk lighting) di palet, atau dengan mencampurnya langsung di atas kanvas. kalau ingin menghasilkan karya dengan sapuan yang halus, campurkan di palet terlebih dahulu, dan sapukan di atas kanvas dengan hati hati. Sapukan kuas sampai dia ngeblend dengan baik. Kurang hitam/putih? Tambahkan lagi.
 Mencuci kuas
     Sudah selesai melukis? Jangan lupa untuk mencuci kuas! Berikut langkah-langkah mencuci kuas yang baik dan benar:
1). Habiskan cat yang tersisa di kuas ke kertas koran. Oleskan sampai benar-benar habis.
2). Tuangkan thinner di gelas atau wadah apapun, bersihkan sisa cat dengan thinner tersebut.
3). Sebagai finishing, bersihkan kuas dengan sabun atau shampoo.
Jemur dengan posisi bulu kuas menggantung.
selamat Berkarya!!

14 komentar:

  1. owh gt ya ok deh mkasih y infony pngen nyba
    jlan2 k blogku dong hehe
    dodwiki.blogspot.com

    BalasHapus
  2. http://jobnite.com/index.php?task=29881

    BalasHapus
  3. bacground blognya diganti ,soalnya tulisanya nggax klihatan

    BalasHapus
  4. Kalo pengecer nya pake air bisa ngga? Newbie nih -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ' cat nya cat air, kalo cat.minyk ya pake minyk lagi

      Hapus
  5. SILAHKAN DIPESAN MULAI DARI SEKARANG TIKET PAKET PERJALANAN ANDA UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH UMROH / UMROH PLUS TURKI / UMROH PLUS DUBAI / UMROH PLUS AQSHA / UMROH PLUS KAIRO & HAJI PLUS UNDANGAN RAJA.....
    LABBAIK ALLAAHUMMA LABBAIK....
    YAA ALLAH KAMI PENUHI UNDANGANMU UNTUK DATANG KERUMAHMU...

    JADWAL UMROH 2015 –2016

    15 APR15 UMROH MURAH
    LANDING MADINAH 09 HARI = $1775 = SISA 45 SEAT

    09 APR 15 UMROH PLUS TURKI
    HOTEL*4/TURKISH 12 HARI = $2750 = SISA 25 SEAT

    11 APR 15 UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2600 = SISA 25 SEAT

    15 APR 15 UMROH 2X JUMAT
    12 HARI = $1850 = SISA 30 SEAT

    15 APR 15 = UMROH 2X JUMAT
    15 HARI = $1950 = SISA 30 SEAT

    26 APR 15 UMROH MURAH
    09 HARI = $1775 = SISA 40 SEAT

    THN 2016
    HAJI PLUS NON KOUTA
    25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

    07 MEI 15 UMROH MURAH
    LANDING MADINAH = 09 HARI = $1800 = SISA 35 SEAT

    11 MEI 15 UMROH PLUS AQSHO ISRA MIRA’J
    13 HARI = $3400 = SISA 25 SEAT

    13 MEI 15 = UMROH MURAH
    09 HARI = $1800 = SISA 45 SEAT

    13 MEI 15 UMROH PLUS TURKI
    12 HARI = $2700 = SISA 25 SEAT

    13 MEI 15 UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2500 = SISA 25 SEAT

    29 MEI 15 UMROH MURAH
    09 HARI = $1800 = SISA 45 SEAT

    13 MEI 15 UMROH 2X JUMAT
    LANDING MADINAH 12 HARI = $1900 = SISA 30 SEAT

    13 MEI 15 UMROH 2X JUMAT
    LANDING MADINAH
    15 HARI = $2000 = SISA 30 SEAT

    TAHUN 2016
    HAJI PLUS NON KOUTA = 25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

    PAKET UMROH RAMADHAN 2015

    18 JUN 15 AWAL RAMADHAN
    09 HARI = $2400 = SISA 30 SEAT

    18 JUN 15 AWAL RAMADHAN
    12 HARI = $2600 = SISA 20 SEAT

    18 JUN 15 AWAL RAMADHAN
    $2900 = SISA 15 SEAT

    1 JUL 15 LAILATUL QADAR
    09 HARI = $2600 = SISA 20 SEAT

    1 JUL 15 LAILATUL QADAR
    12 HARI = $2800 = SISA 20 SEAT

    25 JUN 15 LAILATUL QADAR
    15 HARI = $2900 = SISA 20 SEAT

    11 JUL 15 AKHIR RAMADHAN
    09 HARI = $2800 = SISA 20 SEAT

    8 JUL 15 = AKHIR RAMADHAN
    12 HARI = $3000 = SISA 20 SEAT

    5 JUL 15 AKHIR RAMADHAN
    15 HARI = $3200 = SISA 20 SEAT

    18 JUN 15 FULL RAMADAHAN
    30 HARI = $4000 = SISA 25 SEAT

    5 JUL 15 ITIKAF RAMADHAN
    15 HARI = $2400 = SISA 25 SEAT

    17 DEC 15 UMROH PROMO
    09 HARI = $1650 = SISA 45 SEAT

    26 DEC 15 = UMROH TAHU BARU
    09 HARI = $1700 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PROMO
    09 HARI = $1550 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PROMO
    12 HARI = $1675 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PROMO
    15 HARI = $1775 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS TURKI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS CAIRO
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS AQSHA
    12 HARI = $2600 = SISA 30 SEAT

    THN 2016 HAJI PLUS NON KUOTA
    25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PROMO
    09 HARI = $1550 = SISA 45 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PROMO
    12 HARI = $1675 = SISA 45 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PROMO
    15 HARI = $1775 = SISA 45 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PLUS TURKI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    23 FEB 16 = UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PLUS CAIRO
    12 HARI = $2450 = 30 SEAT

    THN 2016 HAJI PLUS NON KOUTA
    25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT
    Hubungi Segera Marketing Kami :
    089650091317
    Pin BB 54EE5486
    DHONY HADI SYAHPUTRA

    SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI
    ; http://donifatatour.blogspot.com/




    SESUNGGUHNYA ALLAH TIDAK MEMANGGIL TIAP ORANG YANG MAMPU
    MELAINKAN MEMAMPUKAN TIAP ORANG YANG TERPANGGIL, INSYA ALLAH DIANTARANYA ANDA..

    BalasHapus
  6. jualn cat minyak sm peralatannya ga gan ?

    BalasHapus
  7. Butuh lukisan unik langka:081567662467

    BalasHapus
  8. makasihh infonya bermanfaat banget! sebagau saran lain kali pakai background yg simpel aja kak biar keliatan tulisannya hehehe

    BalasHapus
  9. Klo pengencer nya terpenting d ganti thinker bisa gak?

    BalasHapus
  10. hotbetqq.com Merupakan Situs Sbobet Bola Online Terpercaya, Agen Judi Taruhan Bola Terpercaya Di Indonesia dan Permainan Live Casino Online Terbaik Dengan Memberikan Segala Fasilitas Bonus Menarik Kepada Semua Pemain Dengan Pelayanan Yang Cepat Dan Ramah website : http://hotbetqq.com/

    BalasHapus