Kamis, 14 Maret 2013

Manfaat Teh Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Teh merupakan minuman yang sering kita jumpai sebagai pendamping hidangan di pagi hari dan sore hari. Rasanya yang khas dan menyegarkan menjadikan minuman yang satu ini memiliki banyak peminat. Saat ini, teh sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat, sangat mudah di jumpai, namun taukah anda bahwa manfaat teh bagi kesehatan dan pengobatan sudah ada sejak jaman dulu kala.

Menurut situs wikipedia di negeri asal kelahiran teh yaitu China, teh sering kali dijadikan sebagai tanaman obat dan penangkal racun. Teh sendiri hadir sejak abad 8 SM itupun keberadan teh sudah dikenal ribuan tahun disana. Teh pun menyebar ke Jepang hingga negara-negara lainya.

manfaat teh

Berikut ini beberapa manfaat teh untuk kesehatan dan pengobatan:

1. Mencegah berbagai jenis Kanker
Teh adalah minuman yang dikenal kaya akan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Antioksidan pada teh epigallocatechin gallate (EGCG) akan bermanfaat mencegah dan mematikan sel-sel kanker pada tubuh. Konsumsi teh dengan tujuan ini sebaiknya dikonsumsi tanpa menggunakan gula, sebaiknya yang dikonsumsi bukan teh celup, malinkan teh alami berupa daun-daun teh untuk direndam.

2. Menurunkan resiko Jantung
Menurut penelitian University of L’Aquila tentang teh, bahwa dengan minum hanya satu cangkir teh biasa per hari dapat membantu melindungi diri dari penyakit kardiovaskuler. Teh mengandung flavonoid quercetin, kaempferol, dan myricetin yang bermanfaat untuk meningkatkan reaktivitas pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan pengerasan pada arteri, yang berdampak pada kesehatan jantung.

3. Mengecilkan dan mengobati tumor
kandungan senyawa flavonoid yang ada pada teh hijau yaitu EGCG bermanfaat untuk menyusutkan tumor. Hal tersebut telah di ujicoba di laborat. Ekstrak teh hijau mampu mengurangi dan menyusutkan ukuran berbagai jenis tumor. Bahkan beberapa kasus membuktikan bahwa tumor tersebut dapat hilang sama sekali dari tubuh.

4. Menurunkan tekanan darah
Jenis teh yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah adalah teh hitam. Dengan mengkonsumsi teh ini secara teratur maka anda bisa menurunkan tekanan darah. Sebaiknya pada saat pengobatan dengan teh hitam ini, hentikan konsumsi obat penurun tekanan darah jenis apapun.


5. Meningkatkan metabolisme tubuh
Menurut hasil uji klinis yang dilakukan oleh Universitas Jenewa dan Universitas Birmingham bahwasanya teh hijau bermanfaat meningkatkan tingkat metabolisme, kecepatan oksidasi lemak, sensitivitas insulin dan toleransi glukosa. Kandungan polifenol katekin pada teh hijau bersifat thermogenesis (menghangatkan tubuh), dan bermanfaat meningkatkan pengeluaran energi.

6. Menghilangkan Stress
Menurut penelitian University College London, minum teh hitam dapat menurunkan hormon stres (kortisol) yang muncul ketika seseorang mengalami stress. Pada penelitian tersebut subyek yang telah minum 4 cangkir teh hitam setiap hari selama 6 minggu mengalami penurunan kortisol 20% lebih besar dibandingkan kelompok biasa.

7. Menyembuhkan radang usus
Beberapa pengamatan menyatakan bahwa teh hijau telah terbukti dapat mengurangi dan memulihkan peradangan usus. Efek ini merupakan dampak dari kandungan polifenol pada teh hijau yang menghambat reaksi inflamasi.

8. Menurunkan berat badan dan mencegah obesitas
Mengkonsumsi teh hijau dengan teratur akan membuat anda akan terhindar dari kelebihan berat badan atau obesitas. Dengan minum teh hijau setiap hari sebanyak lima gelas, aka akan membuat anda terhindar dari kegemukan dan menjaga tubuh anda tetap ideal.

9. Mengatasi bau mulut
Menurut para peneliti dari Universas Illinois di Chicago mereka menyatakan bahwa polifenol membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan timbulnya bau mulut tak sedap.

10. Menjaga kesehatan Gigi
Penyebab adanya plak gigi dikarenakan adanya lebih dari 300 jenis bakteri yang menempel pada permukaan gigi, akhirnya menyebabkan gigi berlubang. Plak gigi juga sebagai penyebab utama penyakit gusi. Kandungan Polifenol pada teh dapat membunuh atau menekan pertumbuhan bakteri penyebab plak.

Demikianlah sebagian kecil dari manfaat teh dari sekian banyak manfaatnya yang baik untuk kesehatan dan pengobatan berbagai jenis penyakit.  Silahkan mencoba dan mulailah menikmati teh layaknya budaya di China dan Jepang. Seduhan teh hangat tanpa gula menjadikan kenikmatan teh benar-benar terasa. Nikmati teh hangat di pagi ataupun di sore hari dan nikmati pula berbagai  manfaat yang tanpa anda sadari bagi kesehatan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar