Kamis, 14 Maret 2013

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2012/2013



  1. A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs
    1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
    NO KOMPETENSI INDIKATOR
    Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
    Menentukan persamaan isi berita.
    Menentukan perbedaan penyajian berita.
    Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
    Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
    Menyimpulkan isi paragraf.
    Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
    Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
    Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita
    anak.
    Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
    1 Membaca dan memahami berbagai
    teks nonsastra (biografi, artikel,
    berita, iklan, tabel/diagram, bagan,
    grafik, peta, denah), berbagai karya
    sastra (puisi, antologi puisi, cerpen,
    buku kumpulan cerpen, cerita anak,
    buku cerita anak, novel remaja, novel
    angkatan 20 – 30-an, dan drama).
    Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
    Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
    Menulis pesan singkat sesuai konteks.
    Menulis laporan/pengumuman/resensi.
    Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
    Menulis rangkuman.
    Menulis teks berita sesuai konteks.
    Menulis slogan sesuai konteks.
    Menulis iklan sesuai konteks.
    Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
    Menulis teks pidato.
    Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya
    ilmiah/daftar pustaka.
    Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
    Melengkapi pantun.
    Melengkapi puisi.
    2. Menulis dan menyunting teks
    nonsastra dengan menggunakan
    kosakata yang bervariasi dan efektif
    dalam bentuk buku harian, surat
    pribadi, surat dinas, narasi dan pesan
    singkat, laporan, pengumuman,
    petunjuk, rangkuman, teks berita,
    slogan/ poster, iklan, resensi dan
    karangan, surat pembaca, teks pidato,
    dan karya ilmiah; menulis teks sastra
    dalam bentuk puisi, pantun, dongeng,
    cerpen, dan drama.
    Melengkapi naskah drama.
    Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 2
    2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs
    NO KOMPETENSI INDIKATOR
    Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
    atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
    tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
    tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek
    berbentuk caution/notice/warning, greeting card,
    letter/e-mail, short message, advertisement,
    announcement, invitation, schedule.
    Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
    atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
    tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
    tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
    Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
    atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
    tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
    tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
    Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
    atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
    tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
    tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
    Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
    atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
    tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
    pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk
    narrative.
    1. READING (Membaca)
    Memahami makna dalam wacana
    tertulis pendek baik teks fungsional
    maupun esai sederhana berbentuk
    deskriptif (descriptive, procedure,
    maupun report) dan naratif (narrative
    dan recount) dalam konteks
    kehidupan sehari-hari.
    Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
    atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
    tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
    tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.
    Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
    rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
    Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
    rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
    Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat
    kalimat yang bermakna.
    2. WRITING (Menulis)
    Mengungkapkan makna secara tertulis
    teks fungsional pendek dan esai
    sederhana berbentuk deskriptif
    (descriptive, procedure, maupun
    report) dan naratif (narrative dan
    recount) dalam konteks kehidupan
    sehari-hari.
    Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk
    membuat paragraf yang padu dan bermakna.
    Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 3
    3. MATEMATIKA SMP/MTs
    NO KOMPETENSI INDIKATOR
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
    operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
    perbandingan.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
    operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
    perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial
    sederhana.
    1. Menggunakan konsep operasi hitung
    dan sifat-sifat bilangan, perbandingan,
    bilangan berpangkat, bilangan akar,
    aritmetika sosial, barisan bilangan,
    serta penggunaannya dalam
    pemecahan masalah.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
    barisan bilangan dan deret.
    Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
    persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu
    variabel.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
    himpunan.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
    fungsi.
    Menentukan gradien, persamaan garis, atau
    grafiknya.
    2. Memahami operasi bentuk aljabar,
    konsep persamaan dan
    pertidaksamaan linier, persamaan
    garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem
    persamaan linier, serta
    penggunaannya dalam pemecahan
    masalah.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
    sistem persamaan linier dua variabel.
    Menyelesaikan masalah menggunakan teorema
    Pythagoras.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
    bangun datar.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
    keliling bangun datar.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
    kesebangunan atau kongruensi.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
    hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau
    pelurus).
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garisgaris
    istimewa pada segitiga.
    Memahami konsep kesebangunan,
    sifat dan unsur bangun datar, serta
    konsep hubungan antarsudut dan/atau
    garis, serta menggunakannya dalam
    pemecahan masalah.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
    unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan
    dua lingkaran.
    Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
    kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
    volume bangun ruang.
    3.
    Memahami sifat dan unsur bangun
    ruang, dan menggunakannya dalam
    pemecahan masalah.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
    permukaan bangun ruang.
    Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 4
    NO KOMPETENSI INDIKATOR
    Menentukan ukuran pemusatan atau
    menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
    sehari-hari.
    4. Memahami konsep dalam statistika,
    serta menerapkannya dalam
    pemecahan masalah.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
    penyajian atau penafsiran data.
    5. Memahami konsep peluang suatu
    kejadian serta menerapkannya dalam
    pemecahan masalah.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
    peluang suatu kejadian.
    Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 5
    4. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs
    NO KOMPETENSI INDIKATOR
    1. Melakukan pengukuran dasar secara
    teliti dengan menggunakan alat ukur
    yang sesuai dan sering digunakan
    dalam kehidupan sehari-hari.
    Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan
    satuannya atau penggunaan alat ukur dalam
    kehidupan sehari-hari.
    Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya
    atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
    Menentukan konversi suhu pada termometer.
    2. Menerapkan konsep zat dan kalor
    serta kegunaannya dalam kehidupan
    sehari-hari.
    Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan
    suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam
    kehidupan sehari-hari.
    Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum
    Newton dalam kehidupan sehari-hari.
    Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .
    Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam
    kehidupan sehari-hari.
    3. Mendeskripsikan dasar-dasar
    mekanika (gerak, gaya, usaha, dan
    energi) serta penerapan konsep
    tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
    Menentukan besaran fisis yang terkait dengan
    tekanan pada suatu zat.
    Menentukan besaran fisis pada getaran atau
    gelombang.
    Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam
    kehidupan sehari-hari.
    4. Memahami konsep-konsep dan
    penerapan, getaran, gelombang,
    bunyi, dan optik dalam produk
    teknologi sehari-hari.
    Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang
    berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan
    alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
    Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan
    kehidupan sehari-hari.
    Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam
    suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm atau
    Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam
    kehidupan sehari-hari.
    Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik
    dalam kehidupan sehari-hari.
    Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutubkutub
    yang dihasilkan.
    5. Memahami konsep kelistrikan dan
    kemagnetan serta penerapannya
    dalam kehidupan sehari-hari.
    Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau
    penerapannya pada transformator.
    6. Memahami sistem tata surya dan
    proses yang terjadi didalamnya.
    Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau
    peredaran bumi-bulan terhadap matahari.
    7 Mendeskripsikan konsep atom, ion
    dan molekul dihubungkan dengan
    produk kimia sehari-hari.
    Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul serta
    hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.
    8. Memahami klasifikasi zat serta Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.
    Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 6
    NO KOMPETENSI INDIKATOR
    Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran
    termasuk rumus kimia
    perubahannya.
    Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu
    serta perubahannya.
    Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat
    dalam beberapa produk kimia.
    9. Mendeskripsikan pemakaian bahan
    kimia tertentu dalam kehidupan
    sehari-hari. Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat
    psikotropika serta cara menghindarinya.
    10. Mendeskripsikan ciri-ciri dan Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
    keanekaragaman makhluk hidup, serta
    pentingnya pelestarian makhluk hidup
    dalam kehidupan.
    Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciricirinya.
    Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam
    ekosistem.
    Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi
    pencemaran/kerusakan lingkungan.
    11. Mendeskripsikan komponen
    ekosistem, interaksi antarmakhluk
    hidup dalam lingkungan, serta peran
    manusia dalam pengelolaan
    lingkungan. Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi
    manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan
    hasil pengamatan/kasus.
    Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan
    penyakit yang berhubungan dengannya.
    Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzimenzim
    yang berperan pada proses pencernaan.
    Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan
    penyakit yang berhubungan dengannya.
    Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia
    dan penyakit yang berhubungan dengannya.
    Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada
    manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
    12. Menjelaskan sistem organ pada
    manusia.
    Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada
    manusia.
    Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ)
    pada tumbuhan.
    Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan
    terhadap pengaruh lingkungan luar.
    13. Menjelaskan sistem organ dalam
    kehidupan tumbuhan
    Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaanpercobaan
    tentang proses tersebut.
    Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi
    alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
    Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan
    hukum Mendel.
    14. Mengaplikasikan konsep
    pertumbuhan dan perkembangan,
    kelangsungan hidup dan pewarisan
    sifat pada organisme serta kaitannya
    dengan lingkungan, teknologi dan
    masyarakat. Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk
    kehidupan manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar